Pages

Minggu, 22 September 2013

Rupiah Mengarah Ke Peningkatan Mingguan Terbesar Sejak November 2012

Pada perdagangan Jumat ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terpantau mengarah untuk mengalami kenaikan mingguan terbaik sejak bulan November 2012 yang lalu (20/09). Kenaikan rupiah pekan ini merupakan hal yang cukup wajar mengingat mata uang ini telah anjlok tajam sejak pertengahan Juli lalu.
Menguatnya rupiah ini tidak lepas dari imbas kebijakan Fed untuk mempertahankan besaran pembelian obligasi pemerintah saat ini. Dengan masih dipertahankannya program stimulus di AS maka portofolio di negara-negara emerging ikutan mengalami kenaikan, termasuk di Indonesia.
Bursa saham lokal pekan ini mengalami kenaikan tajam. Menguatnya bursa saham memberikan arahan positif juga bagi pergerakan rupiah.
Minggu ini rupiah di pasar spot antarbank Jakarta mengalami peningkatan sebesar 0.5 persen menjadi Rp11353 per dollar AS. Kenaikan mingguan ini merupakan yang paling tajam sejak minggu yang berakhir tanggal 30 November 2012 yang lalu. Hari ini rupiah melemah sebesar 0.6 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin, setelah kemarin melejit akibat euphoria kebijakan Fed tersebut.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar akan cenderung mengalami retreat teknikal pada sesi perdagangan di Asia pagi ini. Mata uang  tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran Rp11320 – 11400 per dollar AS
Sumber : Vibisnews.com

0 komentar :

Posting Komentar